Home - Sport - 10 Pemain Indonesia Pesta 5 Gol ke Gawang Timor Leste
Pasang Banner Disini : Hubungi 0823 8639 7918

10 Pemain Indonesia Pesta 5 Gol ke Gawang Timor Leste

185213320150327-184741-resized780x390
JAKARTA, KOMPAS.com – Timnas Indonesia U-23 menang lima gol tanpa balas atas Timor Leste pada laga lanjutan kualifikasi Grup H Piala AFC U-23 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (27/3/2015). Indonesia pun harus mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain menyusul kartu kuning kedua yang diterima Zulfiandi pada menit ke-55.

Dengan hasil ini, Indonesia berada di papan atas klasemen sementara bersama dengan Korea Selatan. Seperti halnya Garuda Muda, Korsel juga mengantongi kemenangan 5-0 atas Brunei Darussalam di laga perdana penyisihan grup ini.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Brunei, Minggu (29/3), di GBK. Setelah laga tersebut, giliran Korsel yang akan bertemu Timor Leste di tempat yang sama.

Indonesia kesulitan mengembangkan permainannya di awal laga. Evan Dimas dan kawan-kawan kerap melakukan kesalahan seperti salah oper sebagaimana yang terlihat pada 15 menit pertama.

Salah satu peluang emas yang dimiliki Indonesia dalam periode tersebut saat Putu Gede berhasil melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti lawan pada menit ke-14. Namun, tembakan Putu Gede terlalu lemah sehingga kiper Ramos Saozinho mudah menangkap bola.

Di balik kesulitan tersebut, Indonesia mampu unggul lebih dulu berkat gol Adam Alis pada menit ke-17. Adam menusuk dari sisi kiri dan melepaskan tembakan keras dengan kaki kanannya. Tendangan Adam Alis sempat mengenai punggung bek lawan sebelum meluncur ke gawang Timor Leste.

Muchlis Hadi Ning nyaris menggandakan keunggulan Indonesia saat dia berhasil menyundul bola dari umpan Abduh Lestaluhu pada menit ke-25. Sayang, bola tandukan Muchlis masih membentur pemain lawan.

Setelah itu, Evan Dimas dan kawan-kawan menguasai permainan. Akan tetapi, tim besutan Aji Santoso tersebut bermain terburu-buru dalam mencetak gol. Setiap mendapatkan bola, pemain Indonesia langsung mengirimkan bola ke depan yang kerap mampu dibaca oleh Timor Leste. Serangan dari sektor sayap pun kerap mubazir karena umpan yang sering tak tepat sasaran.

Indonesia mendapatkan hadiah penalti saat Abduh dilanggar Felipe Oliviera di kotak terlarang pada menit ke-44. Manahati Lestusen yang maju sebagai algojo berhasil menaklukkan Ramos saat bola hasil tembakannya bersarang ke tengah gawang. Gol Manahati membuat Indonesia unggul 2-0 pada babak pertama.

Indonesia berhasil mengejutkan Timor Leste dengan mencetak gol cepat saat laga babak kedua baru berjalan enam menit. Adalah Evan Dimas yang mencatatkan namanya di papan skor. Gelandang Persebaya Surabaya tersebut berhasil masuk ke dalam kotak penalti lawan setelah berhasil menguasai bola dari Muchlis. Dari sudut sempit, Evan melepaskan tembakan dan gol.

Sayang pada menit ke-55, Indonesia harus bermain dengan 10 pemain menyusul kartu kuning kedua yang diterima Zulfiandi.

Meski begitu, Indonesia mampu memperbesar keunggulan menjadi 4-0 berkat Muchlis pada menit ke-65. Pemain PSM Makassar tersebut mencetak gol dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang lawan.

Meski unggul 4-0, Indonesia tetap mampu menguasai pertandingan. Pada menit ke-78, Evan Dimas yang meliuk-liuk di dalam kotak penalti, berhasil melepaskan tembakan keras. Sayang, bola tembakan dari gelandang Persebaya tersebut masih membentur lawan.

Usaha Indonesia akhirnya membuahkan hasil berkat gol Hansamu pada menit ke-85. Dari tendangan bebas di depan kotak penalti lawan, Hansamu menerima bola dan melepaskan tembakan keras dengan kaki kanannya. Bola hasil tembakan pemain Barito Putera tersebut meluncur deras ke sisi kiri gawang lawan.

Indonesia nyaris kebobolan saat Nataniel De Jesus melepaskan tembakan keras pada masa injury time. Beruntung, bola masih menerpa tiang gawang. Bola rebound kemudian berusaha dimaksimalkan pemain Timor Leste. Namun, Manahati Lestusen berhasil menyapu bola yang kebetulan berada di bawah mistar. Penyelamatan Manahati membuat Indonesia memastikan menang 5-0.

Susunan Pemain

Indonesia: 12-M Natshir; 13-Manahati Lestusen, 14-Putu Gede Juni Antara, 16-Hansamu Yama Pranata, 3-Muhammad Abduh Lestaluhu; 6-Evan Dimas, 18-Adam Alis Setyano, 19-Zulfiand; 10- Wawan Febriyanto (Ahmad 63); 9-Muchlis Hadi, 20-Ilham Udin (Paulo Sitanggang 61)
Pelatih: Aji Santoso

Timor Leste: 12-Ramos Saozinho; 2-Raimundo Jose, 3-Jorge Sabas, 4-Felipe Oliveira, 15-Agostinho, 17-Nidio Octavio; 22- Nataniel De Jesus; 7-Januario, 10-Henrique Cruz, 11-Frangcyatma Alves, 23-Jose Carlos da Foscesa
Manajer: Quintao Carvalheira

Wasit: Mohammed Abdulla Hassan
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis : Ferril Dennys
Editor : Aloysius Gonsaga AE

Komentar Pembaca

komentar

#Tag : Riau | Berita Riau | Berita Rokan Hilir | Pekanbaru | Berita PekanbaruKampar | Siak | Walikota Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul 
Untuk Pemasangan Iklan Hubungi Kami : 0823 8639 7918

Check Also

Legenda Atletico Madrid itu mengkonfirmasi bahwa kondisinya kini telah stabil, setelah insiden trauma kepala dalam duel hadapi Deportivo La Coruna

    Satu kabar gembira datang dari penyerang sekaligus legenda Atletico Madrid, Fernando Torres, yang …