Home - Riau - Sampaikan Aspirasi,FKPMR Haruskan Wagubri Mendatang Orang Melayu
Pasang Banner Disini : Hubungi 0823 8639 7918

Sampaikan Aspirasi,FKPMR Haruskan Wagubri Mendatang Orang Melayu

Kamis, 29 Januari 2015 18:07
Sampaikan Aspirasi,FKPMR Haruskan Wagubri Mendatang Orang Melayu

FKPMR menyampaikan delapan pokok pikiran mereka kepada Plt Gubri. Salah satunya, mengharuskan Wagubri mendatang dari kalangan orang Melayu.

Tutelah.com Riauterkini – PEKANBARU – Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) sampaikan delapan pokok-pokok pikiran, untuk menjadikan Riau lebih baik. Dimana dari hasil rumusan pokok-pokok pikiran tersebut sebagai tindak lanjut dari pertemuan yang digelar di Hotel Aryaduta, 21 November 2014 lalu.

Salah satu dari poin pokok-pokok pikiran tersebut, yakni mengusulkan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman agar nantinya posisi wakil gubernur berasal dari kalangan Melayu, siapa pun dia.

“FKPMR menganggap perlu mengambil sikap dengan menyampaikan pokok-pokok pikiran dan rekomendasi untuk diindahkan. Pokok-pokok pikiran ini setelah menampung pendapat dari berbagai elemen masyarakat dan kajian-kajian dari para tokoh di Riau,” kata Tim Perumus FKPMR Edyanus H Halim, Kamis (29/1/15).

Pokok-pokok pikiran yang tertera pada poin delapan tersebut yakni, seandainya Annas tak dapat menyelesaikan tugasnya memangku jabatan sebagai gubernur, tentu Plt Gubri berdasarkan undang-undang yang berlaku akan diamanatkan menjadi Gubri.

Dengan begitu, otomatis posisi Wakil Gubernur mengalami kekosongan. Karena itu sudah, sudah sewajarnya kekosongan tersebut Plt Gubri dapat mengedepankan etika Melayu. Kemudian hendaknya pula siapa pun ditunjuk menjadi wakil gubernur hendaklah orang tumbuh dari tanah bertuah Melayu ini.

Walau pun orang Melayu itu tahu diri dengan perinya, tahu hak dan kewajibannya, tahu beban yang dipikulnya, tahu hutang yang dipandangnya, tahu hidup berkesudahan, namun semestinya wakil gubernur itu nantinya haruslah orang Melayu.

Dipaparkan Edyanus rekomendasi dari poin terkait harapan yang akan mendampingi Plt Gubri adalah orang Melayu, kelak jika nanti dilantik sebagai gubernur definif, berupa kriteria.

Dimana kriterianya yakni, arif fdn bijaksana, piawai dan menjadi contoh bagi masyarakat. Pasalnya, dari kriteria tersebut sangat diharapkan orang yang mendampingi Andi nantinya selain berasal dari kalangan Melayu, juga benar-benar menjadi suri tauladan dalam menjalankan pemerintahan.

Saat ditanya apakah sudah ada mengerucut kepada satu nama, sesuai dengan kriteria yang dimaksud, Edyanus mengaku belum ada. Menurutnya, sepenuhnya kewenangan kepala daerah.

Hal senada juga disampaikan Ketua Harian FKPMR Al-Azhar. “Sebenarnya sudah mengerucut, dia pasti harus orang Melayu atau yang tumbuh di tanah Melayu. Namun siapa orangnya tentu itu kewenangan Plt Gubri nantinya. Pokok pikiran ini hanya sebatas kriteria,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan juga keprihatinan para tokoh Riau yang menganggap bahwa kualitas keamanan Riau sudah sangat mencemaskan. Banyaknya terjadi kasus-kasus kekerasan terhadap anak, perampokan, pencurian dengan kekerasan.

Kemudian ada juga terkait perekonomian, yang dinilai akhir-akhir ini semakin terpuruk disebabkan kebijakan pemerintahan karena ketidakstabilan harga BBM, tarif dasar listrik serta lonjakan harga sembako dipasarkan.

Selain itu ada juga terkait maraknya konflik lahan yang terjadi di beberapa daerah di Riau. Diharapkan ke depan persoalan ini tak lagi perlu terjadi jika ada itikad baik semua pihak untuk menuntaskannya dengan adil.

Beberapa pokok-pokok pikiran ini nantinya akan disampaikan langsung kepada Plt Gubri. “Kami tentu saja setelah melakukan pertemuan, kita berdiskusi kiranya menjadi perhatian oleh para pemangku kepentingan saat ini,” tegas Al-Azhar. ***(mok)/riauterkinirt

Komentar Pembaca

komentar

#Tag : Riau | Berita Riau | Berita Rokan Hilir | Pekanbaru | Berita PekanbaruKampar | Siak | Walikota Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul 
Untuk Pemasangan Iklan Hubungi Kami : 0823 8639 7918

Check Also

Mantan Ketua MPR RI Amien Rais bakal berlebaran dan Jadi Khatib Shalat Ied di Pekanbaru

  PEKANBARU – Mantan Ketua MPR RI Amien Rais bakal berlebaran di Pekanbaru. Ia juga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *