Home - Riau - 4.042 Mahasiswa Riau Terima Beasiswa Pendidikan
Pasang Banner Disini : Hubungi 0823 8639 7918

4.042 Mahasiswa Riau Terima Beasiswa Pendidikan

medium_734042-mahasiswa-riau-terima-beasiswa-pendidikan
PEKANBARU – Sebanyak 4.042 Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Provinsi Riau dan juga diluar Provinsi serta luar negeri, menerima besaiswa dari Pemerintah Provinsi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2015, dengan total anggaran Rp 40.4 miliar lebih.
Tahun ini Pemprov kembali menganggarkan dana sebesar 92,5 Miliar lebih untuk beasiswa ini.Penyerahan secara simbolis bagi penerima beasiswa tersebut, diserahkan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, bagi Tujuh orang perwakilan mahasiswa, Kamis (18/2) di SKA Co Ex, Pekanbaru.
Ikut hadir dalam acara penyerahan tersebut sekitar 2.500 orang Mahasiswa dari Perguruan Tinggi di Provinsi Riau dan diluar Pervinsi Riau. Plt Gubernur dalam kesempatan itu menyampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya meningkatkan kualitas Sumberdaya Manusia (SDM).
Selain membangun infrastruktur pendidikan, dukungan dalam bentuk pemberian beasiswa terus dilakukan secara rutin setiap tahunnya, yang dianggarkan melalui APBD.”Diharapkan, bantuan beasiswa ini dapat memberikan dampak baik bagi kemajuan pendidikan Riau, sekaligus sebagai motivasi bagi mahasiswa lainnya yang belum menerimanya,” kata Plt Gubernur.
Dijelaskan Plt Gubernur, anggaran untuk dunia pendidikan ini akan terus ditingkatkan. Hal ini merupakan bagian dari persiapan Riau menghadapi persaingan pasar bebas dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), karena ini membutuhkan SDM handal dan kreatif untuk berdampingan dengan negara-negara yang sudah lebih maju dan berkembang.
“Kita dihadapkan dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), yang mengharuskan kita mempersiapkan diri dengan bekal kreativitas dan handal dalam berbagai bidang,” tegasnya.
Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau, Dr H Kamsol, menjelaskan, komitmen Pemprov Riau untuk memajukan SDM yang salah satunya diwujudkan melalui pemberian beasiswa ini akn terus dilakukan.
Jika dalam anggaran tahun lalu hanya diperuntukan bagi 4.042 mahasiswa. Dalam anggaran tahun 2016 ini Pemprov Riau akan memberikan besasiswa bagi 6.212 Mahasiswa.
“Tahun 2016 ini, anggaran yang dimasukkan dalam APBD untuk beasiswa itu jumlahnya mencapai Rp 92.552.000.000. Jumlah ini jauh meningkat dari anggaran tahun 2015 lalu,” kata Kamsol.
Lebih lanjut Kamsol merincikan, untuk penerima beasiswa yang diserahkan secara simbolis oleh Plt Gubernur hari ini, tidak hanya bagi Mahasiswa yang kuliah dikampus di Provinsi Riau, tapi terdapat juga untuk Mahasiswa asal Riau yang kuliah di berbagai Universitas di Indonesia, dan juga untuk Mahasiswa luar negeri.
Untuk Mahasiswa diluar Provinsi Riau, rinciannya, 50 orang di Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandang 67 orang, Institut Pertanian Bogor 51 orang, Universitas Gajah Mada 73 orang, universitas Brawijaya Malang 37 orang, Institut Teknologi 10 November Suarabaya 45 orang, Universitas Sumatera Utara 16 orang, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 11 orang, Universitas Trilogi 3 orang, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 59 orang.
“Untuk Luar Negeri, 10 orang di Universitas Kebangsaan Malaysia, dan 9 orang di Universitas Manjemen Maisn Malaysia. Lalu untuk dalam Provinsi Riau, di Universitas Riau 650 orang, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 498 orang, Universitas Islam Riau 861 orang, Universitas Lancang Kuning 1.037 orang, Universitas Muhammadiyah Riau 246 orang, Politeknik Caltex Riau 192 orang dan Akademi Kesenian Melayu Riau 119 orang,” urainya. (MC Riau/mad)Editor: fazar//

Komentar Pembaca

komentar

#Tag : Riau | Berita Riau | Berita Rokan Hilir | Pekanbaru | Berita PekanbaruKampar | Siak | Walikota Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul 
Untuk Pemasangan Iklan Hubungi Kami : 0823 8639 7918

Check Also

Surat Edaran Cuti Bersama Lebaran 1438 H, Idul fitri 2017

TUTELAH.COM. Pekanbaru – Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Republik Indonesia …