Home - Riau - Kota Dumai - Banyak Kekurangan, Dumai Diragukan Terima WTN 2015
Pasang Banner Disini : Hubungi 0823 8639 7918

Banyak Kekurangan, Dumai Diragukan Terima WTN 2015

riaugreen_Banyak-Kekurangan--Dumai-Diragukan-Terima-WTN-2015Banyak Kekurangan, Dumai Diragukan Terima WTN 2015

DUMAI,   – Setelah melakukan pengamatan kondisi lalulintas dan tata kelola transportasi di Kota Dumai, Tim 1 Riau panitia pelaksana tingkat Nasional Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2015 memaparkan hasil penilaian di ruang media Center Jalan Putri Tujuh Dumai, Selasa (26/5/15).

Dalam melakukan penilaian, tim penilai dari Kementerian Perhubungan Pusat dan Provinsi yang diwakili oleh Felix Iriyantomo mengatakan bahwa pihaknya masih menemukan beberapa kekurangan yang harus diperbaiki oleh Pemerintah Kota Dumai untuk kembali meraih penghargaan (WTN)  tahun 2015.

“Banyaknya kekurangan sana-sini, itu artinya Kota Dumai masih diragukan untuk meraih WTN 2015. Namun demikian, secara umum hasil penilaian WTN di Kota Dumai ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Dan hasil penilaiannya baru akan diketahui setelah diplenokan ditingkat pusat,” katanya.

Dijelaskannya mengenai kekurangan yang harus dibenahi itu diantaranya, kekurangan seperti marka dan rambu yang sudah mulai pudar catnya, mungkin bisa dilakukan pengecatan ulang. Dan saran agar menggunakan cat kualitas yang terbagus, sehingga pada malam hari terlihat.

“Penilaian WTN masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, meskipun masih ada pengelompokan-pengelompokan, kota besar, sedang dan kota kecil. Penilaian WTN meliputi penilaian administrasi, terdiri dari perencanaan, angkutan, pendanaan, prasarana, kelembagaan dan peraturan perundang-undangan, lalu lintas, sumber daya manusia dan lingkungan,” jelasnya.

Tambah Felix lagi, penilaian lainnya meliputi sarana prasarana, lalu lintas, dan pelayanan kepada masyarakat, komitmen Pemerintah Daerah dalam pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan.

“Untuk pengumuman kota-kota mana saja yang mendapat penghargaan itu akan disampaikan pada Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tanggal 17 September 2015 mendatang,” pungkasnya.

Wakil Walikota Dumai H. Agus Widayat yang hadir dalam pemaparan hasil penilaian WTN 2015 itu mengatakan, Pemerintah memberikan WTN pada Pemerintah Provinsi dan Daerah karena dinilai berhasil menciptakan sistem lalu lintas yang tertib, aman dan berkelanjutan.

“Sudah dua tahun berturut-turut Kota Dumai berhasil meraih penghargaan WTN dibidang lalu lintas. Oleh karena itu, mari kita pertahankan dan mari kita terus benahi kekurangan dengan segala keterbetasan,” ajaknya.

Dia akuinya, keikutsertaan Kota Dumai untuk kembali meraih Piala WTN kalau dilihat dari sarana prasarana memang belum memadai dan masih banyak yang harus diperbaiki. Namun demikian, ia yakin lomba WTN tahun 2015 ini akan kembali diraih Kota Dumai.

“Mari kita sama-sama berdoa dan berupaya agar Kota Dumai kembali bisa meraih piala WTN untuk ketiga kalinya,” ajak Agus Widayat.

Semetara Kadishub Dumai H.Bambang Sumantri mengatakan meskipun hasil dari penialaian untuk meraih WTN 2015 belum jelas, tetapi pihaknya akan terus berupaya menciptakan kenyaman dan keamanan dalam lalu lintas agar kedepan lebih baik.

“Saya mengajak seluruh elemen agar ikut mendukung agar terciptanya lalu lintas dan pelayanan yang lebih baik di Kota Dumai kedepannya,” pintanya.

Beberapa point yang harus dibenahi oleh Pemko Dumai diantaranya angkutan umum yang kondisinya sudah kurang bagus bahkan hingga tak layak, pemanfaatan RUMIJA yang masih banyak dipenuhi oleh pedagang kaki lima (PKL) dan bak sampah yang tak tepat pada tempatnya.

Marka yang tak bercahaya dimalam hari bahkan kunjung memudar, trotoar yang hanya minimalis bahkan sering disalahgunakan oleh masyarakat, jumlah halte yang masih sangat kurang, serta beberapa kekurangan lainnya.

Namun meski demikian, bukan berarti selama ini Pemko Dumai hanya memejamkan mata, hanyasaja selama ini untuk melakukan perawatan dan perbaikan Pemko Dumai kerap kali tersandung oleh persoalan yang sama setiap kalinya, yakni keterbatasan anggaran. Sehingga Pemko Dumai tak dapat lagi berbuat banyak. (red/rhc)riaugreen.com//RIAUGREEN.COM

Komentar Pembaca

komentar

#Tag : Riau | Berita Riau | Berita Rokan Hilir | Pekanbaru | Berita PekanbaruKampar | Siak | Walikota Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul 
Untuk Pemasangan Iklan Hubungi Kami : 0823 8639 7918

Check Also

Distanak Dumai Sosialisasikan tata cara penyembelihan sesuai syariat Islam

              TUTELAH.COM, DUMAI – Tidak lama lagi kita akan …