Home - Riau - Kabupaten Bengkalis - Bupati Bengkalis Ajak Hargai Jasa Ibu
Pasang Banner Disini : Hubungi 0823 8639 7918

Bupati Bengkalis Ajak Hargai Jasa Ibu


TUTELAH.COM – BENGKALIS – Sempena peringatan Hari Ibu (PHI) ke-88, Bupati Bengkalis Amril mengajak seluruh masyarakat Negeri Junjungan ini untuk selalu menghargai jasa seorang ibu. Karena jasa seorang ibu tidak terbalaskan oleh anak-anaknya.

“Untuk itu kami mengajak kita semua untuk selalu menyayangi dan menghormati seorang ibu. Kita harus selalu hormati ibu, hormati ibu, hormati orang tua kita, ayah kita, dimana pun dan kapan pun. Terutama hormati ibu kita,” ungkap Amril Mukminin pada acara PHI tingkat Kabupaten Bengkalis di Lapangan Tugu Bengkalis, Kamis (22/12/2016).
Amril menegaskan, setiap ingin melangkah dan berbuat seseorang harus mendapat restu dari sosok sang ibu. Dengan restu dari sang ibu, maka apa dilakukan Insya-Allah akan mencapai kesuksesan. “Untuk itu, tidak berlebihan jika kita harus menghormati dan menghargai pengorbanan sosok sang ibu,” tandas mantan Kepala Desa Muara Basung ini.
Pada kesempatan itu, Amril juga mengenang masa sulit dirinya beserta adik-adiknya, dibesarkan oleh sosok sang ibu bernama Yusni atau lazim dipanggil Mak Yusni, waktu itu sang ayah bernama M Nur dipanggil Sang Kholik.
Kepergian sang ayah untuk selamanya, tidak hanya meninggalkan duka mendalam, tapi juga keprihatinan. Karena sang ibu terus bekerja keras untuk membesarkan Amril dan adik-adiknya.
Berkat kesabaran dan keikhlasan sang ibu merawat, mendidik dan membesarkan anak-anaknya, akhrinya Amril dan saudaranya menjadi sosok yang selalu tegar menghadapi segala tantangan.
“Saya secara pribadi tidak bisa membalas jasa ibu, karena kami sejak kecil sudah ditinggalkan oleh sang ayah, bisa dikatakan anak yatim. Dibesarkan oleh seorang ibu, beliau punya peran ganda, sebagai seorang ibu dan berperan sebagai ayah. Jasa ibu tak terbalas oleh kami,” ungkapnya, seraya menambahkan agar setiap saat mendoakan sosok setiap saat.
Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-88 tingkat Kabupaten Bengkalis yang digelar di Lapangan Tugu, berlangsung hikmad. Acara diisi dengan berbagai pertunjukan dari kaum ibu, serta pemotongan tumpeng oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni.
Saat pemotongan tumpeng, Kasmarni didampingi Ketua Bhayangkari Bengkalis, Fitri Faridah dan Ketua Persit Cabang LII Kodim 0303 Bengkalis, Novitri Anggraini, disaksikan Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Kapolres Bengkalis AKPB Hadi Wicaksono dan Dandim 0303 Bengkalis Letkol Rizal Faizal Helmi dan para undangan lainnya. Setelah pemotongan tumpeng, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis menyuapkan nasi kunyit kepada pengurus Muslimat Nahdatul Ulama Siti Kurasid.
Diantara antraksi yang ditunjukan oleh para kaum ibu, yaitu tari persembahan dari kelompok Bhayangkari, lagu mars Hari Ibu yang dibawakan oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bengkalis, pembacaan puisi berjudul Emak oleh Ketua GOW Kabupaten Bengkalis Hera Triwahyuni.
Ditambahkan Amril, PHI yang digelar setiap tahun, merupakan momentum untuk mengenang dan menghargai kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang dalam merebut kemerdekaan, dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan dan kesatuan menuju kemerdekaan.
“Kesetaraan perempuan dan laki-laki untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan. Tema tesebut dinilai sangat tepat sebagai upaya untuk melindungi perempuan dan anak dari berbagai bentuk kekerasan dengan melibatkan semua komponen masyarakat,” ujar Bupati membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise.
Dikatakan Amril, perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan, karena perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Prinsip kesetaraan yang mendasari tentang pentingnya pembagian tugas, peran dan tanggungjawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki mulai dari lingkup keluarga, masyarakat bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Perempuan dan laki-laki keduanya adalah parthnership (rakan kerja).
Lebih lanjut Amril berharap agar selalu mengenang, memberi penghormatan serta penghargaan kepada perjuangan kaum perempuan, mengingat kaum perempuan adalah poros peradaban kemajuan bangsa yang memiliki kodrat untuk melahirkan dan menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.
Kaum ibu Kabupaten agar lebih kreativit dan dengan selalu menjaga silaturahmi. Kami minta kaum laki-laki menghargai dan mendukung kegiatan para ibu, baik dalam kehidupan berumah tangga maupun di lingkungan pekerjaanya sehingga kesetaraan antara keduanya bisa berjalan secara beriringan. “Sebab ada kata bijak, bahwa di balik kesuksesan laki-laki, ada sosok wanita di belakangnya,” ujar Amril Mukminin.

 

 

sumber:MC Riau/din

Komentar Pembaca

komentar

#Tag : Riau | Berita Riau | Berita Rokan Hilir | Pekanbaru | Berita PekanbaruKampar | Siak | Walikota Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul 
Untuk Pemasangan Iklan Hubungi Kami : 0823 8639 7918

Check Also

Tilang Elektronik Segera Diberlakukan di Bengkalis

  TUTELAH.COM – BENGKALIS -Penindakan tilang elektronik (e-tilang) dalam waktu dekat segera diberlakukan di Kabupaten …