Home - Riau - Kabupaten Rokan Hilir - bupati Suyatno Buka Pameran Batu Akik Rohil Jumat,06 Maret 2015 | 03:49:00
Pasang Banner Disini : Hubungi 0823 8639 7918

bupati Suyatno Buka Pameran Batu Akik Rohil Jumat,06 Maret 2015 | 03:49:00

97856355505-ok

BAGANSIAPIAPI – Bupati Rokan Hilir H .Suyatno, Amp membuka secara resmi pameran Bazar dan Kontes batu akik akik Pulau jemur di pujasera Bagansiapiapi, Kamis (5/3) sore. Pameran Bazar itu di hadiri ratusan warga yang berasal dari berbagai penjuru tanah air. dan menampilkan berbagai jenis batu akik lokal maupun Nasional dengan jumlah tenda sebanyak 60 tenda yang telah disiapkan oleh panitia.

Pameran Bazar ini berlangsung selama satu minggu kedepan yakni terhitung mulai 5 maret hingga 12 maret mendatang.sementara Kontes Batu akik akan dibuka pada sabtu (7/3) yang berlangsung selama dua hari kedepan.adapun peserta kontes Batu akik saat ini yang telah mendaftar berjumlah 301 Peserta yang berasal dari Sabang sampai marauke.seperti dari jakarta,medan,Pekanbaru dan daerah lain nya.

Acara itu dihadiri ketua DPRD Rohil, Nasrudin Hasan, Plt.Sekda Rohil, Drs.H.Surya Arfan,Msi, asisten IV Setdakab Rohil, Dahniar, danramil 03 Bangko, Isnanu, kapolsek bangko, Jl.Toruan,para pejabat eselon,Asisten,Staf ahli,camat bangko dan ratuasan undangan lain nya.

Bupati Suyatno memberikan apresiasi dan menyatakan kegembiraannya atas kinerja Panitia “Hari ini saya sangat gembira sekali melihat kinerja panitia, saya sempat terkejut melihat kemeriahan acara ini, meski undangan tidak begitu ramai, namun nanti acara ini pasti akan ramai dikunjungi sebab tempat pelaksanaan kontes ini cukup strategis dan nyaman,”kata Suyatno mengawali kata sambutan.

“saya mengucapkan temakasih atas kerja keras panitia yang tlah menyelenggarakan acara ini, saya juga mengucapkan selamat datang kepada peserta yang dari luar bagansiapiapi, semoga smpai kesini dalamkeadaan sehat-sehat” sambungnya

Menurut Bupati Suyatno, meski Kontes Batu Akik ini merupakan yang pertama kali diadakan dikota Bagansiapiapi ini, namun kegiatan ini diharapkan memberikan potensi positif khususnya pada sektor perekonomian. Dirinya meyakini bahwa Batu Akik yang dimiliki Rokanhilir kualitasnya tidak kalah dengan Batu Akik dari luar.

“Saya yakin nanti masyarakat akan sangat antusias sekali menyambut iven seperti ini, kepada Rekan Pers diharap mampu mempublikasikan tentang potensi batu akik rohil ini,sebab apabila sektor ini dikembangkan Saya pikir akan menjadi suatu aset yang dapat memberikan nilai ekonomis yang tinggi,apalagi mengenai batu akik ini sudah menjadi kegemaran orang banyak bahkan kegemaran Nasional,”tutup Suyatno

lebih jauh di katakanya, Rokan hilir memiliki Sumber daya alam yang melimpah ruah yang siap untuk dikembangkan.berdasarkan hasil investigasi beberapa waktu lalu di tiga daerah dirohil menyimpan Potensi batu akik yang sangat bagus. tiga daerah itu yakni Pulau jemur yang berupa batu Trikaler, Batu akik kecamatan Pujud yang berjenis Original Srilanka dan Pematang Tobang Tanah Merah dengan batu Panca warna.dimana ketiga jenis batu asal rohil ini telah mendapatkan sertifikat dari Jakarta,”ujar Suyatno.

dilanjutkan, dengan adanya pameran bazar dankontes batu akik Pulau jemur ini tentunya memberikan Kontribusi bagi para pedagang untuk meningkatkan ekonominya.dimana saat ini berbagai masyrakat yang berasal dari luar daerah memadati kota bagansiapiapi.”untuk itu untuk mensukseskan acara ini kita minta kepada Pihak keamanan seperti Polres Rohil dan satpol PP untuk senantiasa menjaga keamanan,”terangnya.

menurutnya, walaupun Rohil memiliki Potensi Batu akik yang sangat bagus sekali,namun tidak bisa di ekspolorasi secara brutal oleh masyrakat, karena itu akan merusak dari kelestarian pulau itu. dalamwaktu dekat kita akan buat aturan nya, sehingga kelestarian pulau jemur maupun daerah penghasil batu akik lain nya tetap terjaga dengan baik.

“karena tanpa adanya peraturan atau sejenis perda,maka dikawatirkan pulau-pulau yang menyimpan Potensi Batu akik akan rusak kelestarian nya. pasalnya saat ini sedang Trend dengan Batu akik dari sabang hingga Marauke.”nah, dengan trend nya batu akik ini tidak tertutup kemungkinan akan mengundang pencuri. untuk itu kita akan segera membuat aturan-aturan nya,”ungkap suyatno.

Sementara itu, Ketua Panitia Kontes Batu Akik Pulau Jemur, Iwan Kurnia menambahkan. saat ini peserta yang telah mendaftar dari berbagai penjuru daerah di indonesia berjumlah 301 peserta.pendaftaran akan ditutup pada jumat (6/3) pukul 00.00 wib.diperkirakan peserta yang akan mendaftar hingga penutupan sebanyak 500 peserta.

pihak panitia telah menyiapkan 60 tenda untuk melakukan pameran bazar.”alhamdulillah semua tenda terisi semua.namun Iwan mengharapkan kepada para pedagang juga harus bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.karena pihak panitia telah menyiapkan Armadakebersihan dari Dinas Kebersihan pertamanan dan pasar (DKPP) Rohil,”ujar Iwan dengan singkat. (Karyadi)rohilonline

Komentar Pembaca

komentar

#Tag : Riau | Berita Riau | Berita Rokan Hilir | Pekanbaru | Berita PekanbaruKampar | Siak | Walikota Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul 
Untuk Pemasangan Iklan Hubungi Kami : 0823 8639 7918

Check Also

Apel pertama pasca libur lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah Pemkab Rohil

  ROHIL-Bupati Rohil H Suyatno, memimpin apel pertama pasca libur lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *