Home - Advertorial - Ekspose potensi pariwisata di Kabupaten Rokan Hilir
Pasang Banner Disini : Hubungi 0823 8639 7918

Ekspose potensi pariwisata di Kabupaten Rokan Hilir

Ekspose potensi pariwisata di Kabupaten Rokan Hilir

TUTELAH.COM – Bupati Rokan Hilir H. Suyatno ekspose potensi pariwisata di Kabupaten Rokan Hilir pada acara Riau Investment Forum, Senin (16/10/2017) di Gedung Menara Dang Merdu Bank RiauKepri Kota pekanbaru. H. Suyatno menyampaikan potensi wisata Pulau jemur hendaknya serius dilakukan dalam arti harus mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Riau maupun Pemerintah Pusat termasuk infrastruktur pendukung seperti jalan Dumai – Sinaboi, kawasan jalan pesisir Kubu dan Panipahan daerah Rokan Hilir.

“Supaya wilayah Pesisir Provinsi Riau dan khususnya Rokan Hilir berkembang maksimal perlu ditunjang sistem transportasi yang memadai dalam hal ini Bandar Udara Pinang Kampai di Kota Dumai agar dikembangkan lebih optimal untuk memperpendek jarak tempuh dan waktu perjalanan dari setiap Daerah. Saya yakin, Insya Allah bila ini berjalan sesuai rencana maka wilayah pesisir Provinsi Riau akan lebih maju disegala sektor”. ujar Suyatno

 

Lomba Mancing dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Rokan Hilir ke 18

 

Lomba Mancing dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Rokan Hilir ke 18  sangat meriah dengan antusias dari berbagai Kabupaten dan Kota di Riau. Wabup mengatakan bahwa Lomba Mancing sudah lama tak digelar, bahkan dengan ramainya peserta yang hadir maka akan menjadi agenda rutin tahunan oleh Pemkab Rohil. “Saya senang sekali karena begitu ramainya peserta dan kebanyakan dari luar Rohil dan saya juga salut karena memang Perairan rohil terkenal memang kaya akan potensi ikan,” kata Wabup.

Rohil Fishing Club (RFC) memakai sistem cabut undi sehingga pemenang tidak hanya cukup dapat Ikan besar saja namun juga harus diundi sesuai kategori yang dilombakan.

Setelah saling berlomba dan waktu habis, panitia merekap dan akhirnya didapati sebanyak 11 jenis Ikan. Setelah itu yang melaju ke final ditimbang siapa ikan terberat maka menjadi finalis.

Hadiah disediakan diantaranya, Sepeda Motor, Kulkas, TV LCD, Kipas Angin, Kompor Gas dan Setrika. Dalam pencabutan undi andil didalamnya diantaranya Anggota DPRD Imam Suroso, Kapolsek Panipahan AKP Waharyana, Plt Camat Sinaboi, Tengku Hasyim, Perwakilan Bank RiauKepri Ridwan dan Kabag Kesra HM Zen.

Sementara itu Sekda Rohil sekaligus ketua panita mengatakan bahwa cara berjalan sukses dan lancar. “Atas nama Pemerintah Rokan Hilir mengucapkan Selamat dan terimakasih atas terselenggaranya lomba mancing dengan lancar dan sukses dan tidak ada hambatan apapun,” kata Sekda.

 

 

Wisata Pulau Tilan – Kecamatan Tanah Putih

 

Belum lama ini Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau menyalurkan bantuan keuangan untuk infrastruktur jalan menuju objek wisata Pulau Tilan Rantau bais kecamatan Pasir putih kabupaten Rokan Hilir (Rohil).   Gubri juga melakukan  kegiatan penebaran (Restoking) 58.000 benih ikan Baung ke sungai Rokan dan kerambah milik masyarakat kepenghuluan Rantau Bais, Senin (21/08/2017).

Untuk menuju Pulau Tilan dari Rantau Bais pengunjung harus menyeberangi sungai Rokan menggunakan perahu motor milik masyarakat setempat. Kawasan objek wisata yang luasnya 500 hektar itu memiliki hamparan rumput hijau serta dihiasi bangunan – bangunan gazebo beratapkan kubah masjid. Puluhan burung Bangau dan Elang bila sore hari melintasi diatas pohon Beringin besar yang menjulang kokoh dan tinggi.
Gubri yang kerab disapa Andi Rachman mengatakan, peningkatan infrastruktur jalan dan kegiatan restoking benih ikan yang dilakukannya diharapkan dapat membantu ekonomi masyarakat di kepenghuluan Rantau Bais kecamatan Pasir putih kabupaten Rokan Hilir.

“Semoga peningkatan jalan dan restoking yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Riau dapat memberikan peningkatan ekonomi kepada masyarakat Rantau Bais kecamatan Tanah putih,” kata Gubernur Riau.

Gubri juga menuturkan, provinsi Riau memiliki empat sungai besar dan 800 anak sungai yang telah diberikan oleh Allah SWT. Sungai bukan hanya sebatas sarana transportasi tetapi juga merupakan tempat pusat-pusat kebudayaan di provinsi Riau. Dan tentunya bisa dijadikan sebagai objek wisata.

 

Objek Wisata Pulau Jemur

Pulau Jemur yang merupakan salah satu pulau dari gugusan Kepulauan Aruah berdasarkan Studi Pengembangan Kepulauan Aruah yang pernah di buat Bappeda Rohil, gugusan pulau ini terdiri dari Pulau Batu Adang, Pulau Pertandangan, Pulau Jemur, Pulau Tukong Mas, Pulau Sarong Alang, Pulau Labuhan Bilik, Pulau Batu Belayar, Pulau Batu Mandi, Pulau Tukang Simbang dan Pulau Tukong.

 

Potensi Kepulauan Aruah sangat mendukung untuk dilakukan pengembangan, berdasarkan teta letak dan sebaran pulau-pulau, maka Kepulauan Aruah dibagi menjadi dua kawasan pengembangan. Arah pengembangan dititik beratkan pada pariwisata yang berlandaskan
Untuk melakukan pengembangan perlu dilakukan penataan kawasan lindung, untuk aktivitas dibidang perikanan tangkap, kegiatan pengembangan dipadukan dengan wisata bahari. Pengembangan wisata budidaya dipadukan dengan wisata bahari. Pengembangan wisata bahari ditekankan berbasis masyarakat tempatan.

Guna mendukung program pengembangan, maka perlu penataan dan perbaikan sarana pelabuhan. Pengembangan Kepulauan Aruah mempertimbangkan dan mempertahankan kondisi lingkungan.

 

objek wisatawan yang bertempat dipulau Jemur sebagaimana saat ini masih dalam pembenahan pasilitas yang ada dengan cara bertahap untuk dimanifestasikan. “Alhamdulillah kemarin pulau jemur sudah resmi dilaunching sebagai Distinasi Wisata Bahari Kabupaten Rokan Hilir yang di Pimpin Bupati H.Suyatno dan juga dihadiri berbagi dari Instansi.
Sekda menyampaikan, bahwa pasilitas yang perlu direalisasikan di Pulau Jemur itu dalam tahap awal antara lainnya adalah penyiapan MCK,air bersih,dan penginapan agar para wisatawan betah berlama lama untuk menikmati suasana disana yang mana lokasinya sangat indah bagi pengunjung. wisatawan berkunjug ke Pulau Jemur,harus disiapkan juga boat untuk memancing dan peralatan dipinggir serta Snokling, hingga Jet Sky Banana boat dan lain lain sebagaimana untuk dibutuhan para wisatawan.

 

Water Boom PT Naga Mas – Rokan Hilir

Water Boom PT Naga Mas yang terletak di Jalan Sungai Garam No. 11 Kelurahan Bagan Barat, secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Rohil Drs Jamiludin, Selasa (10/10/2017), sambutannya Ketua panitia acara, Asanto mengatakan bahwa suksesnya acara pembukaan Water Boom hari ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir, para investor serta lapisan masyarakat Bagansiapiapi.

water boom juga membuka lapangan pekerjaan serta bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, menurutnya di Kabupaten Rokan Hilir masih banyak potensi alam yang dapat dikembangkan dan dijadikan lokasi wisata, Wakil Bupati Rohil Drs Jamiludin m emberikan apresiasi kepada pengelola telah membangun water boom di Kota Bagansiapiapi, sehingga masyarakat tidak perlu pergi jauh-jauh keluar kota untuk mencari hiburan bersama keluarganya.

“Mari kita sayembarakan bahwa di Kota Bagansiapiapi sudah ada water boom, saya berpesan kepada pihak pengelola agar lebih mengutamakan keselamatan para pengunjung, sehingga nantinya tidak menimbulkan masalah,” kata Wabup.
 

 

Komentar Pembaca

komentar

#Tag : Riau | Berita Riau | Berita Rokan Hilir | Pekanbaru | Berita PekanbaruKampar | Siak | Walikota Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul 
Untuk Pemasangan Iklan Hubungi Kami : 0823 8639 7918

Check Also

Meningkatkan PAD Menuju Pertumbuhan Pembangunan Rokan Hilir

                TUTELAH.COM, ROKAN HILIR –  Dinas Pendapatan Daerah …