Home - Riau - KOTA PALEMBANG DAN KOTA PEKANBARU UNTUK INVESTASI PROPERTI, LEBIH MENGUNTUNGKAN MANA?
Pasang Banner Disini : Hubungi 0823 8639 7918

KOTA PALEMBANG DAN KOTA PEKANBARU UNTUK INVESTASI PROPERTI, LEBIH MENGUNTUNGKAN MANA?

inves
https://pixabay.com/en/money-grow-interest-save-invest-1604921/

 

TUTELAH.COM – PEKANBARU, Kota Palembang dan Kota Pekanbaru merupakan kota-kota terkenal serta terbesar di Pulau Sumatera. Keduanya juga sama-sama memiliki perkembangan yang pesat, baik dalam hal jumlah penduduk maupun dalam faktor ekonomi. Bisnis pun semakin bertambah, pasar semakin menggeliat.

Tak berbeda dengan kota lain di Indonesia, bisnis properti pun menjadi primadona di sini. Rumah, gudang, termasuk tanah pun dibidik oleh para investor baik dari dalam atau luar kota. Bagi Anda yang tertarik pula untuk berinvestasi properti di kedua kota ini, kami akan membahas kira-kira kota mana yang lebih menguntungkan dan lebih layak dipilih.
1. Luas
Kota Palembang memiliki luas total area 369.2 kilometer persegi sedangkan Kota Pekanbaru memiliki luas total 632.3 kilometer persegi. Dari sisi luas, Kota Pekanbaru lebih unggul. Dengan total area hampir 2 kali lipat Kota Palembang, itu berarti Kota Pekanbaru mempunyai lebih banyak lahan untuk dibangun berbagai macam properti ke depannya.
2. Aksesibilitas
Kedua kota ini sudah memiliki bandara internasional, sehingga untuk aksesibilitas jalur udara keduanya mendapat poin yang sama. Di Kota Palembang terdapat Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II sedangkan di Kota Pekanbaru terdapat Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II. Namun, jika dilihat dari transportasi kereta api, Kota Palembang unggul karena memiliki Stasiun Kertapati yang masih aktif hingga saat ini sedangkan jalur kereta Pekanbaru – Padang hingga kini tidak dihidupkan lagi.
3. Perekonomian
Kota Pekanbaru masuk ke dalam jajaran kota dengan pertumbuhan ekonomi terbaik nasional tahun 2016. Dengan begitu, sudah pasti sektor ekonomi di kota itu tidak perlu diragukan lagi. Pertumbuhan ekonomi rata-rata di Pekanbaru terus meningkat dalam empat tahun terakhir yaitu 4.68% di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. Sementara pertumbuhan ekonomi di Palembang diproyeksikan 5.6% apalagi dengan masifnya pembangunan akibat proyek besar persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018.
4. Harga Properti
Rata-rata harga tanah di Palembang Bulan Juni tahun 2016 adalah sebesar 1.6 juta Rupiah per meter persegi. Sedangkan di Pekanbaru, harga termurah adalah 600 ribu Rupiah per meter perseginya. Sedangkan harga hunian termurah, baik di Pekanbaru ataupun di Palembang harganya sama, yaitu 100 juta Rupiah.
5. Infrastruktur dan Lingkungan
Pembangunan infrastruktur besar-besaran di Palembang yang sedang berlangsung semakin menjadikan kota ini layak untuk dipilih. Apalagi, Palembang juga kini sedang membangun LRT (Light Rapid Transit) dengan progress yang sangat cepat dan ditargetkan selesai pada awal tahun 2018. Selain itu, Palembang juga merupakan pusat bisnis kedua di Pulau Sumatera setelah Kota Medan. Sedangkan Kota Pekanbaru bertopang pada industri perdagangan dan jasa. Selain itu, sektor industri terutama perminyakan juga berpengaruh di sini. Lingkungan multikultural dan sangat harmonis juga mendukung terciptanya kenyamanan investasi.

Dari aspek luas daerah dan harga properti, Pekanbaru lebih unggul. Sedangkan dari sisi aksesibilitas, perekonomian, infrastruktur dan lingkungan Kota Palembang saat ini bisa dibilang masih lebih maju. Tapi itu bukan berarti Anda dilarang untuk memilih Pekanbaru daripada Palembang sebagai tempat investasi properti karena sekarang Kota Bertuah itupun sedang terus membenahi diri dan mengejar ketertinggalan misalnya dengan rencana pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai. Dalam 5 tahun ke depan, Pekanbaru pasti bisa menyaingi kota besar lainnya di Sumatera apalagi ditunjang dengan banyaknya area yang belum tereksplor dan harga yang relatif masih lebih murah.//kontribusi konten artikel Lamudi.co.id//

Komentar Pembaca

komentar

#Tag : Riau | Berita Riau | Berita Rokan Hilir | Pekanbaru | Berita PekanbaruKampar | Siak | Walikota Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul 
Untuk Pemasangan Iklan Hubungi Kami : 0823 8639 7918

Check Also

Surat Edaran Cuti Bersama Lebaran 1438 H, Idul fitri 2017

TUTELAH.COM. Pekanbaru – Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Republik Indonesia …