Home - Riau - Kabupaten Rokan Hilir - Kuasa Hukum Terdakwa Sebut Kasus Yang Menjerat Kliennya Seolah Dipaksakan
Pasang Banner Disini : Hubungi 0823 8639 7918

Kuasa Hukum Terdakwa Sebut Kasus Yang Menjerat Kliennya Seolah Dipaksakan

 


TUTELAH.COM – Pengadilan Negeri Rokan Hilir Selasa (10/1) sekitar pukul 18.00 Wib kembali menggelar sidang terkait kasus dugaan tindak Pidana Penipuan dan atau Penggelapan yang dilakukan Terdakwa H. Zainalani Sianturi warga Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Riau atas pembelian barang jenis Pupuk Organik milik Ir. Suyono warga Medan ( Sumut)

Sidang dengan agenda Tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Endra Andre SH atas Eksepsi yang diajukan oleh Kuasa Hukum Terdakwa Taman Karya Purba SH MH dan Tio D.M Siregar SH dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Lukman Nulhakim SH MH dengan dua anggotanya Crimson SH dan Rina Yose SH dengan Panitera Pengganti Richa Reonita Simbolon SH .

Pantauan Tutelah.com , dalam ruang sidang Penuntut Umum Endra Andre SH mengajukan permohonan kepada Majelis Hakim berkas Tanggapan ini dianggap sudah dibacakan dalam persidangan , dan hal tersebut pihak Kuasa Hukum Terdakwa tidak Keberatan dengan hanya menerima berkas tersebut dari Jaksa Penuntut Umum didepan Majelis Hakim. dan akhirnya Majelis Hakim menutup sidang dan akan dilanjutkan satu minggu kedepan pada tanggal (17/1/17) dengan agenda sidang tanggapan atau bantahan dari pihak kuasa hukum.

Dari keterangan yang dirangkum dari pihak Kuasa Hukum Terdakwa H. Zainal Sianturi , kasus ini berawal dari penawaran produk pupuk jenis Organik milik Ir. Suyono kepada Terdakwa untuk dibeli dan dipergunakan guna meningkatkan hasil tanaman sawit yang memuaskan dengan berbagai macam kemudahan pembelian terhadap pengguna pupuk “Jelasnya .

Atas berbagai kemudahan dan keunggulan penggunaan produk pupuk yang ditawarkan itu, terdakwa H. Zainal mencoba menggunakan pupuk tersebut untuk keperluan kebun sawitnya, dengan perjanjian secara lisan pupuk itu dipakai dulu dan berhasil baru dibayar, ” paparnya .

Setelah Terdakwa menggunakan pupuk tersebut , hasilnya tidak sesuai apa yang telah dijanjikan bahkan tanaman yang dipupuk sebahagian menjadi rusak dan ada yang mati.hingga pupuk yang digunakan itu dicoba uji ke laboratorium di scofindo, dengan hasil jauh dari standar apa yang tertera dalam kandungan pupuk tersebut , akhirnya Terdakwa tidak mau membayarkan harga pupuk yang terpakai kepada pihak pelapor.” Ujarnya

Merasa dirugikan Ir. Suyono akhirnya melaporkan Terdakwa H.Zainal ke pihak Polda Riau atas tuduhan tindak pidana seperti apa yang diatur dalam pasal 372 dan atau pasal 378 KUHpidana tentang Penipuan dan Penggelapan atas hasil Pembelian Pupuk jenis Organik milik pelapor.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka di Polda Riau , Kuasa Hukum Terdakwa menggugat penyidik Polda Riau melalui permohonan gugatan Praperadilan atas penangkapan dan penetapan tersangka , dan hasil permohonan gugatan itu, Hakim Pengadilan Negeri Pekan baru menyatakan bahwa Penahanan dan penetapan Terdakwa tidak sah secara hukum, sehingga Terdakwa saat itu harus dibebaskan dari tahanan. ” tegasnya

Anehnya selama dalam proses tahap sidang Praperadilan di Pengadilan , pihak Penyidik melimpahkan berkas perkara kepada penuntut Umum dan menyatakan berkas perkara telah lengkap untuk diajukan ke pengadilan, dan selanjutnya Terdakwa kembali ditahan dan dijebloskan kembali kedalam penjara.” Jelasnya .
Menurut kuasa hukum terdakwa pihak penyidik penuntut umum dan Pengadilan Negeri Rokan Hilir kurang cermat dan teliti dalam menangani perkara ini , sebab putusan Pengadilan Negeri Pekan Baru terkait praperadilan itu dibatalkan oleh penuntut umum ” tegasnya.

Diakhir penjelasannya Kuasa hukum terdakwa Taman Karya Purba SH MH menjelaskan bahwa kasus ini dipaksakan , menurutnya klien kami dikriminilisasi , penyidik polisi dan Penuntut umum tidak cermat dan teliti dalam menangani kasus ini. ” tegasnya .
Seandainya juga klien kami ingkar dalam pembayaran seharusnya Pelapor menggugat klien kami dalam hukum Perdata.” Pungkasnya .

Lap: TO.

Komentar Pembaca

komentar

#Tag : Riau | Berita Riau | Berita Rokan Hilir | Pekanbaru | Berita PekanbaruKampar | Siak | Walikota Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul 
Untuk Pemasangan Iklan Hubungi Kami : 0823 8639 7918

Check Also

Kodim 0321 Rohil Akan gelar Aksi doa bersama 17-17-17

ROHIL-Kodim 0321 Rohil akan menggelar doa lintas agama pada tanggal 17 Agustus 2017 mendatang, doa …