Home - Advertorial - Pembangunan Sarana Jalan sebagai penunjang Perekonomian Rokan Hilir
Pasang Banner Disini : Hubungi 0823 8639 7918

Pembangunan Sarana Jalan sebagai penunjang Perekonomian Rokan Hilir

Pulau Jemur bupati

TUTELAH.com – BAGANSIAPIAPI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) meminta pemerintah desa yang ada untuk tetap memaksimalkan pembangunan diberbagai sektor dimasing-masing desa dengan memanfaatkan anggaran dana desa (ADD) dan Dana Desa (DD). Hal ini disebabkan kondisi keuangan pemkab Rohil tengah memprihatinkan akibat terjadinya pengurangan dana bagi hasil (DBH) disekotor Migas.

“Kita minta pemerintah desa tetap semangat untuk membangun dengan menggunakan dana desa masing-masing. Janganlah desa itu terlalu berharap banyak untuk pembangunan dari pemeirntah diKarena saat ini kondisi keuangan daerah belum stabil,” Kata Wakil Bupati (Wabup) Rohil, Drs Jamiluddin, Akhir pekan lalu, di Bagansiapiapi.

Dikatakan, meski tahun ini terjadi defisit namun pihaknya tetap bersyukur karena untuk desa tetap memiliki anggaran baik itu dari pemerintah pusat, propinsi, maupun daerah.

“Untuk sementara waktu manfaatkanlah anggaran itu untuk memaksimalkan berbagai pembangunan untuk kepentingan masyarakat banyak,” Pesannya.

Mengenai sasaran pembangunan memang terlebih pada insfraruktur berada diwilayah pedesaan.

“Untuk itulah agar kondisi ini dipahami dan meminta ADD dan DD untuk digunakan mengarah kepada kebutuhan Urgent sebuat desa. Kita pikir dengan dana diatas Rp1 Milliar setiap desa bisa membangun semenisasi, jembatan serta insfraruktur lainnya dengan cepat tanpa terpengaruh dengan yang namanya defisit anggaran,” Sebut Pria yang akrap disapa Ongah Jamil itu.

Anggota DPRD Rohil Usulkan Jalan Sistim Rigid Pavement

Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, Amansyah mengusulkan agar pembangunan jalan lintas desa dan kecamatan menggunakan sistem. pengerasan kaku dengan beton atau “rigid pavement” dan tidak lagi menggunakan pengaspalan.

“Sistem rigid pavement atau perkerasan kaku. dinilai lebih efektif dan kondisi jalan itu akan bertahan lama,” ujar Amansyah di Bagansiapiapi, sabtu.

“Sudah seharusnya pembangunan jalan sistem rigid diterapkan. Hal itu bisa dilakukan apabila jalan kabupaten atau provinsi dilakukan semen rigid dengan ketebalan 30 sentimeter, maka jalan desa atau kecamatan ketebalannya bisa 15 sentimeter,” ucapnya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Rohil ini menambahkan apabila pembangunan jalan di Rohil dengan sistem rigid akan lebih tahan lama dan berkualitas.

“Sekarang ini jalan-jalan yang di bangun kebanyakan semenisasi dan banyak yang tidak berkualitas. Baru di bangun dua bulan sudah hancur. Tapi kalau mengunakan sistim rigid, diharapkan pembangunan jalan akan lebih tahan lama, sehingga kita tidak lagi memikirkan perbaikan jalan setiap tahunnya,” katanya menyarankan.

Lebih lanjut Amansyah menjelaskan bahwa keseluruhan tebal perkerasan dalam konstruksi rigid pavement, jauh lebih kecil daripada perkerasan aspal sehingga dari sisi lingkungan lebih menguntungkan. Apalagi bahwa life cycle cost atau siklus biayanya lebih murah daripada perkerasan aspal.

wabup-jemmbatan-jumrah

Wabup Rohil Jamiluddin Tinjau Turap Jembatan Jumrah

Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Rohil, Jamiluddin bersama Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Rohil meninjau pembangunan turap di pinggiran jembatan Jumrah, Kepenghuluan Jumrah, Kecamatan Rimba Melintang, Kamis (20/10/2016) sore kemarin. Proyek pembangunan turap dari anggaran Provinsi Riau sebesar Rp. 1.561.002.000.

Kedatangan orang nomor dua di Negeri Seribu Kubah didampingi Wakil Ketua DPRD Rohil, Suyadi. SP disambut masyarakat setempat dan datuk penghulu Jumrah, Sukardi. Wabup Jamiluddin langsung meninjau kondisi pinggiran Sungai Rokan itu, dimana di sekitar sungai mengalami abrasi dan sangat mengancam pemukiman warga sekitar jika tidak segera diperbaiki.

Dengan diperbaikinya jembatan Jumrah itu maka nantinya sangat banyak peluang usaha dan wisata di pinggiran Sungai Rokan. Di kiri dan kanan jembatan nantinya dibangun turap sepanjang 1 km dan pembangunan kios tempat berjualan. “Jadi, pembangunan turap itu selain penangkal erosi juga diatasnya bisa dibuatkan tempat santai dan tempat orang berjualan,” katanya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Rohil, Suyadi mengatakan kalau kondisi pinggiran Sungai Rokan sangat memprihatinkan. Pembanunan turap khususnya di seputaran jembatan sudah seharusnya cepat dibangun. Sebab jembatan itu merupakan akses utama masyarakat Rohil untuk menuju ke pusat ibukota Rohil, Bagansiapiapi.

“Kalau tidak cepat dibangun maka erosinya akan terus terjadi. Dalam tiga tahun terakhir sudah ada lebih kurang 10 meter sungai itu melebar. Maka dari itu kita harapkan ini menjadi perhatian khusus oleh semua pihak terutama Pemkab Rohil, DPRD Rohil dan pihak Pemprov Riau,” harapnya.

abu khoiri
DPRD Rohil, Abu Khoiri

 Jika tidak ada aral melintang Jalan poros, Kecamatan Kubu akan dikerjakan tahun 2016 ini. Saat ini panitia lelang sedang melakukan proses tender proyek senilai Rp30 Miliar itu, setealh ada pemenangnya maka jalan itu langsung dikerjakan.

“Pembangunan jalan poros kecamatan kubu saat ini dalam tahap lelang, semoga cepat selesai prosesnya agar jalan itu bisa dikerjakan,” ujar anggota DPRD Rohil, Abu Khoiri, di Bagansiapiapi. Ia mengatakan panjang jalan poros kubu itu 3,5 Km dan dibangun dengan sisten beton rigid.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (Pkb) rohil itu mengatakan kalau jalan poros yang dibangun itu rencananya dua jalur, hanya saja untuk tahap awalnya dibangun satu jalur terlebih dahulu. Dirinya berharap pemenang lelang harus dilakukan dengan selektif agar yang mendapatkan tender itu kontraktornya memiliki kemampuan sesuai bidangnya.

Ia juga menegaskan pembangunan jalan poros kubu itu sangat didambakan oleh masyarakat dikarenakan jalan itu merupakan satu-satunya urat nadi.

“Hanya satu keinginan masyarakat yaitu perbaikan jalan tersebut, karena apabila tidak diperbaiki maka bila hujan jalan itu akan sulit untuk dilalui karena digenangi air,” tukasnya.//adv/rokanhilir//

 

Komentar Pembaca

komentar

#Tag : Riau | Berita Riau | Berita Rokan Hilir | Pekanbaru | Berita PekanbaruKampar | Siak | Walikota Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul 
Untuk Pemasangan Iklan Hubungi Kami : 0823 8639 7918

Check Also

Potensi Pertanian Rokan Hilir

  TUTELAH.COM – DPRD Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau mengusulkan kepada pemerintah setempat untuk menyiapkan …